8 Cara Menghilangkan Garis Tepi Di Word Termudah

Cara Menghilangkan Garis Tepi Di Word

Cara menghilangkan garis tepi di WordJika diperhatikan, banyak yang bingung cara menghilangkan garis pinggir di word di berbagai versi tahun dari 2007 hingga 2016. Oleh karena itu, simak langkah mudahnya berikut.

NONGKI.NET – Ketika sedang menggunakan ms word, kadang, tanpa sengaja Anda mengklik beberapa tombol, hingga membuat bagian tepinya bergaris. Ia kan?

Mungkin, bagi yang kurang nyaman dengan garis tepi ini akan kebingungan dan mencari cara menghilangkan garis tepi di word nya.

Padahal jika diperhatikan, garis tepi atau pinggir di word termasuk versi 2016 sendiri bukanlah sebuah masalah yang besar.

Bagi Anda yang tetap penasaran, dan ingin menghilangkan garis tepinya, simak cara menghilangkan garis tepi di word berikut.

Cara menghilangkan garis tepi di word

Cara satu ini akan membantu Anda untuk menghilangkan, sekaligus memunculkan garis tepi di wordnya ya. Yang mana, caranya sendiri tergolong sangat mudah dan sederhana.

Bagi yang menggunakan ms word 2007 dan versi lainnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara berikut:

  1. Buka dahulu ms word 2007 pada komputer atau laptop Anda. Kemudian, tinggal klik saja office button yang terletak di sebelah kiri bagian atas.
  2. Lalu, klik word option, yang letaknya pada bagian kiri bawah. Tepatnya di sebelah exit word. Kemudian, Anda bisa memilih dan mengklik advanced.
  3. Terakhir, cari saja show document, dan klik ataupun centang di show text boundaries. Klik ok. Gampang sekali bukan?

Sementara untuk memunculkan garisnya, tidak begitu berbeda dengan cara menghilangkan garis tepi di word.

  1. Caranya adalah dengan pilih menu file terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, klik menu option, dan klik yang menu advanced. Lihat menu text boundaries, lalu klik atau ceklis show. Terakhir, tinggal klik ok.

Dengan menerapkan beberapa langkah mudah di atas, lembar kerja yang Anda buka akan langsung dilengkapi dengan garis tepi.

Cara mengatur ukuran garis tepi Word

Jika ingin mengatur ukuran garis tepinya, baik dari segi lebar dari pinggir kertasnya juga cukup mudah. Yakni, sama seperti mengatur ukuran kertas.

  1. Yaitu, tinggal masuk saja ke menu page layout. 
  2. Lalu klik margin, dan pilih saja ukuran margin yang Anda inginkan.

Jika ternyata tidak terdapat margin sesuai keinginan, maka Anda langsung masuk saja ke custom margin. Di sana, Anda bisa dengan bebas mengatur margin sesuai keinginan.

Cara diatas dapat dilakukan untuk mengatasi garis di Word hasil copy dari internet. Dan bisa juga solusi dalam mengatasi garis word yang tidak bisa dihapus.

Fungsi garis tepi pada word

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bagi yang belum tahu, garis tepi pada ms word akan dianggap sebagai pengganggu.

Padahal sebenarnya, ia dihadirkan atau disematkan pada ms word tentu dengan alasan tertentu.

Border sendiri ialah fasilitas yang disediakan oleh ms word untuk semua penggunanya. Untuk memberikan garis yang mengelilingi paragraf maupun teks.

Atau, yang biasa juga disebut dengan frame ataupun bingkai. Dengan adanya garis tepi ini, akan membuat teks yang Anda buat terlihat lebih rapi dan nyaman dipandang.

Ada banyak sekali model bingkai yang ditawarkan di ms word. Mulai dari model, warna, sampai dengan bentuknya.

Kalau untuk letaknya sendiri ada di ikon bottom. Adapun macam-macam border yang tersedia mulai dari none, box, shadow, 3D, sampai dengan custom.

Di mana, Anda bisa menggunakan model, ukuran, dan bentuk sesuai dengan kebutuhan. Tinggal sesuaikan saja.

Untuk saat ini, ada banyak sekali pengguna ms word yang memanfaatkan fitur ini untuk mempermudah segala aktivitasnya.

Khususnya bagi para mahasiswa yang mungkin tidak bisa melepaskan diri dari ms word. Karena semua tugas, tentu mengharuskan mereka untuk mengetiknya di ms word ini.

Itulah dia sekilas tentang cara menghilangkan garis tepi di ms word   2007, 2010, 2013 dan 2016  yang bisa Anda coba sekarang. Semoga bermanfaat.

Baca artikel tentang MS Word lainnya di TEKNOLOGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *