Paham Pemrograman Tidak Harus Kuliah, Begini Cara Belajar Programming Otodidak

  • Bagikan
Paham Pemrogramman Tidak Harus Kuliah, Begini Cara Belajar Programming Otodidak

NONGKI.NET – Ada dua cara dalam belajar programming, ada yang belajar melalui kursus dan ada juga belajar sendiri alias otodidak. Kamu termasuk yang mana?

Memang kedua metode belajar tersebut masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan jika kamu tidak punya banyak biaya untuk membayar kursus, maka belajar mandiri menjadi pilihan tepat dengan memanfaatkan laptop atau komputer yang ada di rumah.

Apabila kamu ingin menjadi seorang programmer sukses, semua tentu berawal dari belajar. Belajar coding secara otodidak bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Tentukan Bahasa Programman yang Akan Dipelajari

Perlu kamu ketahui, bahasa programman itu ada banyak sekali. Di awal-awal, kamu tidak perlu mempelajari langsung semua. Satu per satu secara perlahan, kuasai satu dulu baru menguasai yang lainnya.

Nah, apabila telah menguasai satu bahasa pemrograman, improvisasi lagi kemampuan anda dengan mempelajari bahasa pemrograman yang tingkatannya lebih sulit. Hasilnya, kemampuan anda di bidang programming meningkat.

Gunakan Modul

Belajar programming pemula secara otodidak bisa dilakukan dengan cara memakai modul yang terdapat tutorial lengkap. Pastikan modul tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.

Sebab jika tidak, bukan tidak mungkin kode-kode tidak bisa diaplikasikan sehingga menjadi error. Selain itu, pastikan modul yang kamu jadikan rujukan mudah dipahami bagi seorang pemula. Jangan lupa pelajari modul tersebut secara rutin.

Membuat Jadwal Belajar

Tujuan membuat jadwal supaya jam belajar anda konsisten. Tahu waktu kapan harus nongki, dating dan lain-lain. Sebab konsisten adalah jalan utama agar kamu memahami bahasa pemrograman. Coba luangkan 1-3 jam untuk mempelajarinya setiap hari. Ingat! Yang berat bukan rindu tapi konsisten.

Perbanyak Latihan

Tips belajar programming secara otodidak yang tidak kalah penting adalah terus praktek, praktek, dan praktek. Jangan hanya membaca teorinya saja, tapi tidak pernah kamu aplikasikan.

Baca Juga:  Film Bertema Lebaran Yang Wajib Kalian Tonton

Dengan mengaplikasikan kode membuat kamu bisa lebih memahami tentang kode yang dimaksud dan pada akhirnya bisa membuat kode sendiri.

Jangan Copy Paste

Latihan coding jangan hanya dengan copy paste kode yang ada di internet saja. Hal ini membuat kemampuanmu tidak akan berkembang sama sekali. Kembangkan ide dan kreativitasmu supaya tidak terlalu terpaku pada kode-kode programming yang ada di internet.

Lakukan Perbaikan Sendiri

Ketika ada mencoba mengaplikasikan kode dan ternyata error cobalah untuk melakukan perbaikan sendiri sebagai latihan sekaligus menguji sampai sejauh mana kemampuan programming kamu. Membuat program dan error itu adalah hal biasa dan cobalah untuk menyelesaikannya sendiri atau paling tidak tanya ke orang lain yang lebih ahli.

Mengikuti Komunitas

Komunitas yang sejalan dengan keinginan akan membantu keinginanmu lebih berjalan lurus. Dengan mengikuti komunitas belajar programming anda pasti akan bertemu dengan para programmer handal, teman-teman baru buat saling berbagi dan buat relasi kedepan, juga kalian bisa mendapatkan tim yang siap membantu anda belajar programming lebih baik. Untuk menemukan komunitas belajar programming anda bisa menjelajahi berbagai macam benua di dunia maya, bisa dari Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, Telegram dan lain-lain. Diantara komunitas belajar programming pasti bakal ada yang membuka tanpa dipungut biaya alias gratis. Anda jelajahi saja sampai ketemu.

Istirahat

Istirahat adalah hal penting dalam proses mempelajari bahasa programming. Raga dan jiwa anda perlu mengambil jeda setelah berlarut-larut mendalami bahasa pemrograman yang sulit dimengerti seperti hati dia.

Kurang lebih tubuh dan otak anda perlu diistirahatkan selama 8 jam per hari agar kembali segar saat melakukan pembelajaran selanjutnya. Karena jika otak anda tidak segar pada saat kembali melakukan rutinitas belajar, anda tidak akan fokus memahami materi yang sedang dipelajari, So akan percuma dong.

Baca Juga:  Drakor Yang Bikin Semangat Belajar Mahasiswa Jurusan Hukum

Nah itulah dia beberapa tips belajar programming secara otodidak. Ternyata belajar coding itu tidak sulit bahkan bisa dilakukan sendirian tanpa membayar kursus yang mahal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan