8 Cara Belajar Web Programming Otodidak Tanpa Kuliah

Cara Belajar Web Programming Otodidak

Belajar Web Programming Otodidakcara belajar memiliki tiga cara pada umumnya, yakni ada yang melalui kursus atau les, kuliah dan secara otodidak.

NONGKI.NET – Belajar web programming mulai digemari banyak orang khususnya generasi muda. Kecepatan teknologi informasi memicu generasi muda berkeinginan belajar web programming.

Ada dua cara dalam belajar programming, ada yang belajar melalui kursus dan ada juga belajar sendiri alias otodidak. Kamu termasuk yang mana?

Memang kedua metode belajar tersebut masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan jika kamu tidak punya banyak biaya untuk membayar kursus, maka belajar mandiri menjadi pilihan tepat dengan memanfaatkan laptop atau komputer yang ada di rumah.

Belajar Web Programming Otodidak

Apabila kamu ingin menjadi seorang programmer sukses, semua tentu berawal dari belajar. Belajar coding secara otodidak bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut

1. Tentukan Bahasa Programman yang Akan Dipelajari

Perlu kamu ketahui, bahasa programman itu ada banyak sekali. Di awal-awal, kamu tidak perlu mempelajari langsung semua. Satu per satu secara perlahan, kuasai satu dulu baru menguasai yang lainnya.

Nah, apabila telah menguasai satu bahasa pemrograman, improvisasi lagi kemampuan anda dengan mempelajari bahasa pemrograman yang tingkatannya lebih sulit. Hasilnya, kemampuan anda di bidang programming meningkat.

2. Gunakan Modul

Belajar programming pemula secara otodidak bisa dilakukan dengan cara memakai modul yang terdapat tutorial lengkap. Pastikan modul tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.

Sebab jika tidak, bukan tidak mungkin kode-kode tidak bisa diaplikasikan sehingga menjadi error. Selain itu, pastikan modul yang kamu jadikan rujukan mudah dipahami bagi seorang pemula. Jangan lupa pelajari modul tersebut secara rutin.

3. Membuat Jadwal Belajar

Tujuan membuat jadwal supaya jam belajar anda konsisten. Tahu waktu kapan harus nongki, dating dan lain-lain. Sebab konsisten adalah jalan utama agar kamu memahami bahasa pemrograman. Coba luangkan 1-3 jam untuk mempelajarinya setiap hari. Ingat! Yang berat bukan rindu tapi konsisten.

4. Perbanyak Latihan

Tips belajar programming secara otodidak yang tidak kalah penting adalah terus praktek, praktek, dan praktek. Jangan hanya membaca teorinya saja, tapi tidak pernah kamu aplikasikan.

Dengan mengaplikasikan kode membuat kamu bisa lebih memahami tentang kode yang dimaksud dan pada akhirnya bisa membuat kode sendiri.

5. Jangan Copy Paste

Latihan coding jangan hanya dengan copy paste kode yang ada di internet saja. Hal ini membuat kemampuanmu tidak akan berkembang sama sekali. Kembangkan ide dan kreativitasmu supaya tidak terlalu terpaku pada kode-kode programming yang ada di internet.

6. Lakukan Perbaikan Sendiri

Ketika ada mencoba mengaplikasikan kode dan ternyata eror cobalah untuk melakukan perbaikan sendiri sebagai latihan sekaligus menguji sampai sejauh mana kemampuan programming kamu. Membuat program dan error itu adalah hal biasa dan cobalah untuk menyelesaikannya sendiri atau paling tidak tanya ke orang lain yang lebih ahli.

7. Mengikuti Komunitas

Komunitas yang sejalan dengan keinginan akan membantu keinginanmu lebih berjalan lurus. Dengan mengikuti komunitas belajar programming anda pasti akan bertemu dengan para programmer handal, teman-teman baru buat saling berbagi dan buat relasi kedepan, juga kalian bisa mendapatkan tim yang siap membantu anda belajar programming lebih baik.

Untuk menemukan komunitas belajar programming anda bisa menjelajahi berbagai macam benua di dunia maya, bisa dari Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, Telegram dan lain-lain. Diantara komunitas belajar programming pasti bakal ada yang membuka tanpa dipungut biaya alias gratis. Anda jelajahi saja sampai ketemu

8. Istirahat

Istirahat adalah hal penting dalam proses mempelajari bahasa programming. Raga dan jiwa anda perlu mengambil jeda setelah berlarut-larut mendalami bahasa pemrograman yang sulit dimengerti seperti hati dia.

Kurang lebih tubuh dan otak anda perlu diistirahatkan selama 8 jam per hari agar kembali segar saat melakukan pembelajaran selanjutnya. Karena jika otak anda tidak segar pada saat kembali melakukan rutinitas belajar, anda tidak akan fokus memahami materi yang sedang dipelajari, So akan percuma dong.

Setelah mengetahui cara belajar programming otodidak untuk menjadi programmer pemula anda pasti bertanya dimana anda bisa belajar web programming gratis?

Gunakan Smartphone anda dengan bijak, di dalamnya anda bisa belajar coding untuk menjadi proggramer pemula. Anda bisa menemukan cara menjadi programmer pemula atau belajar IT otodidak dengan memanfaatkan Youtube dan Website.

Agar anda tidak bingung mencari channel Youtube atau website mana yang rekomended untuk belajar programming tanpa harus kuliah, saya akan merekomendasikan di paragraf berikut.

Rekomendasi Channel Youtube Belajar Programming

Jangan sangka Youtube yang biasanya kamu gunakan untuk sekedar hiburan dan menonton tutorial ternyata juga bisa dibuat tempat belajar programming dan coding secara otodidak.

Anda bisa lebih dalam memahami soal pemrograman seperti PHP, Javascript, Phyton, HTML dan sejenisnya asal menemukan channel yang tepat.

Berikut rekomendasi Youtube belajar pemrograman yang bisa kamu pelajari dan pahami secara otodidak alias tanpa bayar ikut les atau kursus, diantaranya:

1. Web Programming UNPASe

Seorang dosen informatika yang bernama Sandika Galih adalah pengelola channel Youtube tersebut. Cara dia menjelaskan seputar coding dan programming sangat mudah dipahami untuk calon programmer pemula.

2. Sekolah Koding

Hilman Ramadhan adalah pemilik channel Sekolah Koding. Dalam konten Youtubenya, Hilman membahas programming mulai dari dasar hingga expert.

3. Kawan Koding

Kawan Koding akan mempermudah para pecinta coding pemula dengan cara yang mudah, yakni dengan menggiunakan bahasa Indonesia, dimana pemabasannya seputar PHP, Laravel, Javascript,dan Vuejs.

4. Kelas Terbuka

Kelas Terbuka adalah channel belajar programming atau pemrograman atau coding yang menggunakan berbahasa indonesia.

Adapun kontennya membahas teknik pemrograman secara umum beserta teknologi terkait dan teknik komputasi serta pengolahan data.

Metode pembelajaran yang dilakukan pada kelas terbuka menggunakan pendekatan adalah: brief, friendly dan fun.

Harapannya, Kelas Terbuka dapat mengisi kekosongan implementasi praktis pada materi pendidikan formal di Indonesia.

Apalagi dibelakang channel ini diisi oleh orang-orang berpengalaman sepreti Faqihza Mukhlish, seorang peneliti di bidang Sistem Kontrol. Lulusan Sarjana Teknik Fisika, Magister Instrumentasi dan kontrol, ITB, dan Doktor (Ph.D) di UNSW, Sydney, Australia. Sekarang, beliau aktif menjadi Dosen di Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung.

5. Code Politan

Code Politan merupakan sebuah media edukasi dan informasi yang mengangkat pemrograman dan teknologi.

Tujuan channel ini adalah upaya untuk memfasilitasi para developer dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar pemrograman dan teknologi. Konten-konten yang ada di CodePolitan disusun sedemikian rupa dan dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh para developer Indonesia.

Website untuk Belajar Coding Online Gratis

Belajar coding atau pemrograman di Website tidak semudah Youtube yang disebarkan secara gratis. Tetapi, Anda jangan khawatir karena akan ada rekomendasi website belajar coding gratis.

Berikut adalah daftar website belajar coding online yang bisa dilakukan secara gratis, yaitu:

1. BitDegree

BitDegree adalah situs yang menawarkan kursus gratis yang membahas berbagai topik, mulai dari programming hingga game development.

Kamu bisa memilih dua jenis kursus, yaitu kursus online standar dan kursus gamifikasi. Kursus gamifikasi mengusumengusung proses pembelajaran yang interaktif agar peserta bisa melakukan sejumlah pencapaian. Lebih uniknya lagi, peserta tidak dibebani persyaratan khusus untuk mengikuti kursus ini, dengan memilih salah satu bahasa, bisa langsung belajar.

Adapun bahasa pemrograman yang dapat di ambil di sini, di antaranya:

  • HTML
  • CSS
  • PHP
  • Javascript
  • SQL
  • JQuery

2. Coursera

Coursera menawarkan kursus yang berupa tutorial, dan riset berbasis coding yang langsung mentori para pengajar dari universitas-universitas ternama.

Dengan berkerja sama dengan beberapa kampus terkenal, Anda berpotensi memperoleh pengalaman belajar terbaik di sini.

Apalagi slot kursus dibuka gratis untuk semua kalangan. Sayangnya sertifikat pembelajaran bisa dieproleh dengan membayar

Berikut daftar kursus yang tersedia:

  • Python
  • Java
  • HTML dan CSS
  • IoT Programming
  • C Language
  • Introduction to programming

3. Code Academy

Code Academy merupakan bagian dari beberapa situs yang menawarkan situs belajar coding gratis, dan situs ini telah diikuti sebanyak 24 juta orang.

Anda bisa mempelajari berbagai topik kursus, mulai dari pengenalan dan belajar pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut. Pendekatannya interaktif sehingga Anda bisa langsung mempraktikan hasil kursus.

Jika durasi kursus dihitung mencapai 300 jam lebih. Jadi, banyak waktu yang anda miliki untuk menjadi programmer handal

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di Code Academy, yaitu:

  • HTML
  • JavaScript
  • CSS
  • jQuery
  • PHP
  • Python
  • Ruby

Demikian Cara Belajar Web Programming Otodidak

Nah itulah dia beberapa cara belajar web programming secara otodidak. Ternyata belajar coding itu tidak sulit bahkan bisa dilakukan sendirian tanpa membayar kursus yang mahal.

Anda bisa belajar dengan memanfaatkan channel Youtube dan website untuk belajar programming otodidak, jadi pengeluaran akan lebih banyak di kouta internet jika tidak punya wifi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *