4 Cara Mengelola Uang Gaji 3 Juta Per Bulan Agar Tidak Boros

Cara Mengelola Uang Gaji 3 Juta Per Bulan Agar Tidak Boros

Cara Mengelola Uang Gaji 3 Juta Per Bulan Agar Tidak Boros untuk anak kos atau ibu rumah tangga dan lain-lain bisa kalian lakukan tips atau cari berikut.

NONGKI.NET – Sebenarnya bagaimana cara mengelola uang gaji 3 juta, terutama bagi Anda yang berpenghasilan bulanan sebesar itu, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini.

Walaupun masalah keuangan yang dihadapi setiap orang berbeda-beda, namun jika Anda mampu mengelola keuangan dengan baik, maka masalah keuangan juga dapat ditangani dengan baik.

Cara Mengelola Uang Gaji 3 Juta Per Bulan Agar Tidak Boros

1. Hitung pengeluaran secara teratur

Penting bagi Anda untuk mengetahui berapa pengeluaran yang rutin dikeluarkan selama sebulan. Teknik ini juga digunakan dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

Biaya umum yang dikeluarkan antara lain berbagai tagihan, mulai dari pembelian paket data, listrik, pulsa, air, dan lain-lain. Selain itu juga ada kebutuhan belanja bulanan, biaya sewa tempat tinggal, makan, biaya transportasi selama sebulan dan lain-lain.

Perhitungkan berbagai pengeluaran dengan baik, agar nantinya Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah.

2. Gunakan metode 10 – 20 – 30 – 40

Dalam cara mengelola uang gaji 3 juta per bulan agar tidak boros berikutnya, ada baiknya menggunakan teknik 10-20 -30-40, yang artinya:

10% untuk hiburan, dan amal

10% dari gaji Anda, dapat digunakan untuk kebutuhan konsumtif, seperti untuk belanja online dan lain-lain. Atau bisa juga digunakan untuk berbagai amal lainnya.

20% untuk tabungan, dan tujuan jangka panjang lainnya

Dalam cara mengatur gaji 3 juta, gunakan 20% dari gaji untuk tabungan, investasi, tabungan atau bahkan dana darurat. Atau bisa juga disisihkan untuk biaya pendidikan anak nantinya.

30% untuk alokasi cicilan

Untuk 30% dari gaji yang Anda miliki, bisa dialokasikan untuk membayar berbagai cicilan, seperti KPR, cicilan kendaraan, atau berbagai utang lainnya. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki utang, sebaiknya lunasi dulu utang yang ada, jangan ditambah utang baru.

40% untuk kebutuhan sehari-hari

Gunakan 40% dari gaji yang Anda miliki untuk biaya hidup dan pengeluaran rutin bulanan. Artinya dengan cara menyiapkan gaji 3 juta per bulan ini, Anda akan menghitung jumlah pengeluaran rutin, mulai dari uang makan selama sebulan, pengeluaran bulanan, biaya transportasi, pembayaran berbagai tagihan, dan lain-lain.

3. Hidup sederhana dan hemat

Yang dimaksud dengan hidup sederhana dan hemat dalam hal mengelola gaji 3 juta adalah dengan memaksimalkan gaji yang ada, dan tidak menyia-nyiakannya untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Anda bisa meminimalisir biaya makan di kantor, dengan membawa bekal dari rumah. Atau jika lokasi kantor dan rumah berdekatan, maka Anda bisa membuatnya hemat dengan jalan kaki, dari rumah ke kantor, dan lain-lain.

4. Punya pekerjaan sampingan

Dalam hal pengelolaan keuangan untuk gaji 3 juta tidak ada salahnya jika Anda mencari pekerjaan sampingan yang mudah, namun cukup untuk memberikan penghasilan tambahan, misalnya membuka usaha kost, berjualan pulsa atau lainnya.

Mungkin bagi sebagian orang, cara mengatur gaji 3 juta tersebut di atas dianggap sulit. Tapi ada baiknya, jika Anda mulai belajar untuk fokus pada tujuan utama keuangan riil, dan jangan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak terlalu perlu.

Baca juga artikel KEUANGAN lainnya di EKONOMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.