Ingin Mengurangi Plagiarisme? Ini Solusinya

  • Bagikan
Ingin Menghindari Plagiarisme? Ini Solusinya

NONGKI.NET – Halo sobat plagiarisme yang biasanya ngerjain tugas di kala mepet. Apakah kalian kena santet? kok pengen terus-terusan nyontek. Nah, aku tahu kamu pengen mengurangi plagiarisme tapi kamu bingung kan? ini cara mengurangi plagiarisme. semoga cocok huuu.

Dalam membuat tulisan seperti artikel, cerpen, novel, esai, maupun yang lainnya sebaiknya wajib memperhatikan plagiarisme. Bagi kamu yang belum tau, plagiarisme merupakan penjiplakan (bukan hanya tulisan saja) yang apabila dilakukan maka sama saja melanggar hak cipta.

Melakukan salin tempel merupakan salah satu tindakan plagiarisme yang sebaiknya kita hindari. Dan kamu harus memulainya dari sekarang.

Bagi yang belum terbiasa, membuat tulisan organik tanpa copy paste memang bukanlah perkara mudah. Tapi jika tidak mulai dari sekarang, mau kapan lagi membuat tulisan yang benar-benar unik?

Untuk awal-awal tidak perlu unik 100% dulu, paling tidak kamu mengurangi plagiarisme secara bertahap misal dari 20% menjadi 10% lalu ke 5% hingga benar-benar 0%. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut supaya persentase plagiarisme menjadi berkurang.

Gunakan Sinonim

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan sinonim sebagai pengganti kata yang dianggap plagiarisme. Sebagai contoh seperti ini :

Andi masih menjalani perkuliahan secara online dan belum secara offline

Tulisan tersebut bisa kamu ubah menjadi :

Andi masih menjalani perkuliahan secara daring dan belum secara luring

Memang penggunaan sinonim ini tidak bisa mengurangi plagiarisme secara besar-besaran. Paling tidak, berkurang sedikit karena ada kata-kata yang diubah.

Gunakan Bahasa Sendiri

Dalam menulis agar terhindar dari plagiarisme yang harus kamu lakukan sebenarnya adalah dengan memahami konteks sumber bacaan terlebih dahulu lalu menulisnya dengan bahasa sendiri. Bukan menggabungkan beberapa tulisan dari beberapa sumber.

Baca Juga:  Film Bertema Lebaran Yang Wajib Kalian Tonton

Usahakan buat tulisan yang berbeda namun tetap memiliki makna yang sama. Yang paling penting-penting, jangan sampai 100% sama.

Rutin Latihan

Menulis bebas plagiarism memang butuh latihan. Baca sumber tulisan terlebih dahulu, pastikan kamu memahami isinya dan tulis menggunakan bahasa sendiri dan jangan lupa cek tulisanmu di situs cek plagiarisme yang bertebaran di internet.

Lakukan hal seperti itu secara terus menerus. Insyaallah tulisan yang kamu buat nantinya bisa 100% unique dan itu artinya bebas plagiarisme.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Itulah dia beberapa cara mengurangi plagiarisme agar tulisan menjadi lebih orisinil.

Mari berhijrah sobat plagiarisme! Dosa bukan aku yang nanggung.

KAPAN BERKEMBANG KALAU PLAGIAT TERUS WOYYY?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan