Page One Mudah! 12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berikut

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berikut

Cara menulis artikel SEO yang human friendly tidak sulit asal anda mengikuti 12 cara berikut ini. Dengan mengikuti cara berikut, juga perlu sering menganalisis kekurangan dari setiap artikel.

NONGKI.NET – Menulis artikel SEO merupakan sebuah kewajiban bagi anda yang ingin terjun di dunia bogger dan digital marketing. Dengan memahami cara menulis sesuai kaidah SEO, artikel blog anda akan lebih mudah mendapatkan page one di halaman pencarian Google.

jika anda bertanya apakah cara menulis artkel SEO friendly itu sulit? Jawabannya adalah TIDAK. Lalu apa yang tersulit dari menulis artikel SEO agar bisa berada di rangking pertama mesin pencari Google?  Yang tersulit adalah keinginan terus belajar, riset dan mencari banyak referensi.

Namun, tetaplah tenang.  Karena anda menemukan cara page one di Google tanpa menggunakan jasa artikel SEO di paragaraf berikut. Tetapi sebelum itu, sebaiknya anda mengetahui apa pengertian artikel SEO dan perbedaannya dengan artikel biasa.

Apa itu Artikel SEO?

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat atau ditulis sesuai dengan kaidah teknik yang diterapkan Search Engine Optimization atau mesin pencari. Adapun kaidah-kaidah yang sesuai dengan SEO sama halnya dengan cara menulis artikel SEO human friendly.

Sebab artikel SEO memang dirancang untuk mengoptimalkan kebutuhan semua jenis website baik website e-commerce maupun portofolio agar dapat ranking google dan memperoleh banyak visitor.

Artinya, artikel yang human friendly adalah artikel yang memiliki kualitas sesuai standard teknik penulisan SEO bukan perihal kuantitas jumlah kata atau keindahan kata saja.

Perbedaan Artikel Seo dan Artikel Biasa

Perbedaan utama antara artikel SEO dan artikel biasa adalah tujuan artikel dibuat. Dimana artikel SEO memang dirancang agar mudah muncul terdeteksi mesin pencari Google dan didatangi pengunjung sedangkan artikel biasa, adalah artikel yang ditulis bebas tanpa menyesuaikan kaidah- kaidah SEO.

Dengan menggunakan kaidah SEO, website yang anda kelola akan lebih responsif di mata Google dibanding artikel biasa bahkan dengan artikel SEO akan lebih mudah diterima monetisasi oleh Google Adsense.

Cara Menulis Artikel SEO

Nah, setelah anda mengetahui tentang artikel SEO dan perbedaannya dengan artikel biasa yang anda lakukan selanjutnya adalah mulai mengetahui cara menulis artkel SEO auto page one. Yaitu:

1. Memilih keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata atau kalimat yang pertama kali ditulis pengunjung di mesin pencari saat mencari informasi. Dalam dunia nyata, keyword diibaratkan seperti papan petunjuk informasi untuk melangkah.

Begitu juga dalam dunia blog, penulis artikel perlu mengetahui kata kunci yang sering digunakan pengunjung agar mengetahui informasi yang mereka inginkan.

Contohnya, ada seorang siswa mencari contoh yang baik dan benar dalam menulis artikel bahasa Indonesia . Maka anda sebagai penulis anda harus tahu dan memilih, kira-kira kata kunci apa yang harus digunakan.

2. Riset Keyword dengan teliti

Langkah selanjutnya, anda harus meriset kata kunci agar bisa mengukur persaingan dan jumlah pencarian kata kunci berdasarkan hari, minggu dan bulan.

Dalam meriset kata kunci, anda bisa menggunakan tools yang gratis dan berbayar. Yang gratis berupa Google Trend dan Google Keyword sementara untuk yang berbayar anda bisa berlangganan Ubersuggest, Moz, Semrush dan lainnya. Setiap tools ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam meriset kata kunci, perhatikan keyword yang punya daya saing kecil, memiliki statistik pencarian tinggi dan CPC atau harga per klik yang besar.

Keyword dengan daya saing kecil memberi potensi besar artikel blog anda berada halaman pertama Gooogle. Sementara Keyword yang memiliki statistik pencarian tinggi berarti keyword sering dicari pengunjung. Dan CPC besar membantu pendapatan website anda besar.

3. Kumpulkan LSI Keywords

LSI Keyowrds adalah kata-kata yang memiliki hubungan dan persamaan dengan keyword yang kamu pilih. LSI atau disebut Latent Semantic Index merupakan fitur yang digunakan Google untuk mendeteksi keyword yang berhubungan dengan keyword utama.

Misalnya, anda memilih menggunakan keyword “cara mengelola uang 2 juta dalam satu bulan”, salah satu keyword yang berhubungan berupa ‘cara mengatur uang 2 juta dalam sebulan”.

Dari beberapa keywords yang memiliki hubungan, anda harus meletakan di bagian beberapa paragarf.

Untuk menemukan LSI keyword, anda bisa menggunakan tools seperti LSIGraph atau bisa menggunakan beberapa keywords yang muncul di bagian bawah halaman pencarian Google setelah anda melakukan pencarian.

4. Buat kerangka artikel

Pastikan kerangka artikel anda telah terstruktur dan terfokus pada keyword. Ini juga merupakan hal terpenting dalam cara membuat artikel SEO.

Oleh karena itu, anda harus membuat pembukaan artikel SEO friendly yang menjelaskan gambaran umum informasi keyword. Kemudian, anda juga harus meperhatikan isi artikel. Dan yang terkahir bagian penutup harus menjelaskan kesimpulan isi artikel yang disertai penempatan keyword utama.

5. Buat Judul yang menarik

Judul yang menarik adalah cara yang dapat membantu menarik pengunjung saat muncul di halaman pencarian dan judul merupakan heading yang pertama dalam penulisan artikel SEO.

Tetapi harus diingat bahwa judul harus mengandung keyword utama dan berhubungan dengan artikel, boleh clickbait asal tidak berlebihan.

Selain itu, usahakan judul artikel hanya berisi sekitar 60-75 karakter sebab hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam cara menulis artikel auto page one.

6. Buat Sub-Judul

Dalam penulisan artikel SEO, sub-judul berada di bagian heading kedua dan ketiga.sub-judul ini berfungsi menjelaskan poin-poin penting yang berkaitan dengan judul utama dan untuk menghindari penjelasan yang panjang lebar.

Sebab penggunaan sub-judul sangat disukai algoritma mesin pencari, anda perlu sering menganalisis penulisan yang sesuai kaidah SEO dengan sering membaca contoh artikel SEO.

Sangat mudah untuk menemukan contoh artikel Seo, anda hanya perlu menganalisis artikel website yang berada di halaman pencarian, seperti website saungwriter.com

7. Gunakan keyword sewajarnya

Jangan mengira dengan memasukan banyak keyword utama dalam artikel mampu memanrik perhatian algoritma mesin pencari. Justru metode seperti itu tidak disukai algorita Google.

Metode memperbanyak keyword utama dalam artikel adalah metode usang yang sering digunakan blogger dahulu.

Bahkan menurut plugin Yoast konten anda berpotensi turun dalam persaingan jika masih menggunakan metode tersebut.

Oleh karena itu, gunakan kata kunci sewajarnya saja. Seperti jika konten anda hanya terdiri dari 500 kata pasang 3 – 6 keyword utama.

8. Buat artikel lebih dari 500 kata

Jumlah kata artikel juga mempunyai pengaruh dalam cara membuat artikel di website. Memang bakal ada yang mendebat bahwa jumlah kata bukan masalah.

Namun banyak dari plugin SEO seperti Yoast dan Rank Math menyarankan untuk menulis minimal 500 dan 600 kata, Bahkan para blogger berpengalaman menyarankan lebih banyak dari kedua plugin wordpress tersebut, yakni minimal artikel 750 kata.

9. Buat paragraf yang singkat

Jika anda bertanya kenapa harus menulis artikel SEO dengan paragraf singakat. Tentu jawabannya karena dengan paragraf singkat pembaca akan lebih nyaman dan mudah fokus pada tujuan.

Cukup buat 3 sampai 5 paragraf  dan usahakan 3 paragraf saja jika memungkinkan.

10. Gunakan gambar yang sesuai topik

Gambar juga mampu mempengaruhi psikologi pembaca, maka dari itu gunakan gambar yang menarik dan relevan. Untuk memperoleh gambar bagus dan gratis, anda bisa mengunjungi situs Freepik atau Pixabay dan lainnya.

Dan isi keterangan gambar yang sesuai dengan topik dan jangan lupa untuk memasukan alt text gambar sesuai keyword karena mampu menaikan daya saing di halaman pencarian.

Karena bisa saja, orang mengunjungi website anda melalui gambar bukan dari artikel.

11. Gunakan url yang sesuai keyword

Setelah artikel anda selesai, jangan lupa menggunakan url yang sesuai dengan keyword utama.

Url yang berbeda dengan keyowrd memiliki pengaruh menurunkan daya saing alagoritma Google.

12. Gunakan link internal

Cara menulis artikel SEO yang terkahir adalah dengan memaksimallkan link internal. Yang dimaskud link internal adalah link yang menuju pada salah satu artikel di website anda.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan menaruh link artikel sembarangan dan pilih artikel yang linknya berkaitan dengan artikel yang kamu tulis.

Penutup

Cara menulis artikel SEO harus dilakukan benar dan teliti, sebab berdampak pada artikel yang anda tulis. Penulisan yang sesuai ciri-ciri artikel SEO seperti diatas punya potensi besar page one dibanding yang menulis tidak sesuai SEO.

Baca artikel tentang Penlulisan lainyya disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.