Contoh Artikel Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Beserta 5 Ciri-cirinya

Contoh Artikel Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Sumber: Pixabay

Contoh Artikel Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar – Bacalah contoh artikel bahasa Indonesia berikut ini agar dapat membuat artikel berkualitas yang baik dan benar.

NONGKI.NET – Membuat artikel yang baik dan benar memang tidaklah mudah. Ada beberapa ciri, struktur dan juga penggunaan bahasa yang tepat.

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai contoh artikel Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, inilah ulasan contoh artikel yang baik dan benar.

Ciri-Ciri Artikel yang Baik dan Benar

Untuk membuat artikel yang baik dan benar, Anda harus mengetahui ciri-ciri yang harus Anda sertakan dalam pembuatan artikel. Antara lain:

  1. Penulisan artikel dibuat dengan cara sistematis
  2. Tidak ada unsur plagiarisme dalam artian konten milik penulis
  3. Tulisan dibuat dengan kalimat singkat, padat, dan jelas sehingga pembaca mampu memahami isi dari artikel yang telah dibuat.
  4. Penggunaan bahasa artikel menggunakan bahasa yang format dengan kalimat lugas serta efektis yang akan membuat artikel lebih padat dan berisi
  5. Tulisan mengandung fakta atau opisni dengan menggunakan sudut pandang yang tidak menyudutkan, objektif, dan juga dilengkapi dengan data pendukung lainnya.

Ciri-ciri tersebut bertujuan untuk membedakan artikel dengan teks lainnya.

Adapun tujuan dari pembuatan artikel yaitu :

  1. Memperkenalkan diri sendiri atau keberadaan penulis
  2. Mampu menemukan solusi dari setiap permasalahan
  3. Mampu memberi pengaruh dan membujuk
  4. Memberikan informasi yang bermanfaat
  5. Menyampaikan pendapat atau ide
  6. Mampu menghibur

Sedangkan, untuk membuat artikel yang baik dan mampu membuat orang lain tertarik untuk membaca Anda harus selalu mengasah kemampuan setiap hari.

Jika Anda semakin sering menulis, maka kemampuan dan keterampilan Anda dalam menulis pun akan semakin terasah dan terus meningkat. Dengan begitu, perlahan-lahan Anda akan menciptakan sebuah tulisan yang bagus untuk dibaca.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah salah satu contoh artikel yang berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan tema Sejarah, yaitu :

Indonesia Masa Sekarang Sebagai Negara yang Kaya Akan Sejarah

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sejarah. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki sekian banyak sejarah gemilan pada masa lalu. Sebagai negara besar dengan sejumlah kegemilangan sejarahnya mestinya negeri ini bisa menjadi sebuah negeri yang kata, maju, dan ditakui oleh bangsa-bangsa lain. Sayangnya, ekspetasi tersebut masih jauh jika merujuk pada kondisi masyarakat sekarang ini

Meski sudah merdeka lebih dari 76 tahun, ternyata Indonesia masih tidak bisa lepas dari kemiskinan. Negara ini juga menjadi objek cemoohan bangsa-bangsa lain karena lemahnya pemerintahan. Sebuah keadaan yang sangat ironi ketika kita menoleh kebelakang, betapa kondisi yang dialami oleh bangsa Indonesia sekarang benar-benar tidak mencerminkan sejarah masa lalu.

Masalah demi masalah terus menerpa negeri tercinta ini. Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjadikan negara dengan penduduk 270 juta jiwa ini lekas menjadi lebih baik. Sayangnya, deretan kasus terus bermunculan yang menjadi penyebab terhambatnya pembangunan nasional, seperti kasus korupsi sangat sulit untuk dihapuskan.

Semoga negeri tercinta ini kedepannya akan menemukan masa kejayaanya dan  korupsi tidak menjadi momok paling menakutkan sejalan dengan kinerja aparat hukum terkait yang maksimal dan bekerja dengan setulus hati untuk kebaikan negeri ini.

Itulah penjelasan mengenai contoh artikel Bahasa Indonesia yang baik dan benar yang telah kami rangkumkan untuk Anda. Semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan Anda dan mampu menambah wawasan kita semua.

Contoh artikel diatas merupakan contoh artikel jenis argumentasi. Ciri-ciri jenis artikel tersebut adalah menyajikan pendapat yang disertai data dan fakta sebagai penguat pendapat.

Selain jenis artikel yang telah disebutkan di atas, masih banyak jenis artikel lainnya dan banyak juga perbendaan pendapat mengenai jenis-jenis artikel. Tapi pada dasarnya artikel itu mengandung pendapat, cerita tentang peristiwa atau fiktif, kritik dan yang mengandung pesan persuasif seperti artikel marketing.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga Anda suka dengan artikel yang telah kami buat. See you again!

Baca artikel tentang Penulisan lainnya di EDUKASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *