5 Daftar Nama Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat
5 Daftar Nama Kue Liner Indonesia Yang Dibuat

Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat – sebagai surga kuliner Indonesia tentu punya banyak kue tradisional, dan juga mudah sekali dibuat seperti kerak telor, kue cucur, serabi, onde-onde klepon dan lain-lain.

NONGKI.NET – Sudah tahu dong kalau sebagai surga kuliner, makanan Indonesia sangat beragam. Walaupun sudah banyak masuk kuliner dari negara luar, jajanan tradisional Indonesia tetap melekat di hati.

Biasanya juga nih, orang Indonesia yang merantau ke luar negeri akan senang sekali ketika bertemu dengan kue tradisional Indonesia.

Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Kue tradisional adalah makanan atau jajanan yang sudah ada sejak jaman dahulu sebelum alat-alat atau teknologi masak ada seperti sekarang, dimana proses memasaknya menggunakan alat-alat dari alam seperti tanah liat.

Meskipun dulunya kue tradisional Indonesia dibuat dengan alat-alat yang rata-rata masih alami, di era teknologi seperti saat ini jajanan atau kue tradisional Indonesia tetap mudah dibuat justru tambah mudah dan sederhana.

Penggemar kue tradisional pun tidak hilang meski banyak bermunculan jajanan atau kue modern yang beraneka ragam. Malahan kue tradisional punya daya tarik tersendiri khususnya bagi penggemar kuliner seperti vlogger kuliner.

Selain itu kue tradisional bisa dijadikan daya tarik andalan wisata bagi wisatawan baik itu turis lokal atau turis mancanegara yang biasa kita sebut bule.

Daftar Nama Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Kue tradisional Indonesia banyak sekali di nusantara ini, setiap suku tentu memiliki makanan atau kue khas tersendiri. Artinya kue tradisional Indonesia banyak sekali dan tentu punya resep makanan baik yang mudah dibuat dan sulit dibuah.

Karena saking banyaknya kue tradisional Indonesia, di artikel ini kami hanya menyeleksi 5 kue tradisional Indonesia yang mudah dibuat dan sering dijual di pasar dan acara-acara seperti festival kuliner.

Yaitu kue tradisional berupa kerak telor, kue cucur, serabi, onde-onde dan klepon merupakan jajanan atau kue tradisional yang masih banyak digemari dan mudah dibuat hingga sekarang.

Daftar Nama Kue Tradisional Indonesia

Berikut adalah lima kue tradisional Indonesia yang mudah dibuat tetap dicari:

  1. Kerak Telor
  2. Kue Cucur
  3. Surabi atau Serabi
  4. Onde-onde
  5. Klepon

1. Kerak Telor

Kerak Telor, Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Kue tradisional Indonesia yang satu ini berasal dari Jakarta. Sempat ada masanya penjual kerak telor hanya dapat ditemukan di tempat tertentu dan pada periode Pekan Raya Jakarta.

Namun saat ini, kerak telor sudah mulai mudah ditemui di mana-mana di Jakarta, bahkan sampai di kota-kota lain di luar Jakarta. Jajanan atau kue tradisional Betawi ini terbuat dari bahan utama beras ketan dan telor bebek.

Biasanya ada pilihan berapa telur bebek yang kamu inginkan, bisa satu bisa lebih. Kerak telor ini dimasak sampai agak mengeras seperti layaknya makanan yang berkerak di wajan. Disajikan bersama ubi, bawang goreng, dan serundeng kerak telor ini dapat menjadi camilan tradisional yang cukup mengenyangkan.

2. Kue Cucur

Kue Cucur, Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Kue cucur adalah kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah cair. Bentuknya seperti kue dadar atau panekuk dan berwarna cokelat, oleh karena itu kue tradisional Indonesia ini diberi nama kue cucur.

Apabila kue cucur ini baru matang, aroma gula merahnya pasti akan menguar mengundang selera. Sangat nikmat dimakan selagi matang bersama minuman kesukaan kamu.

3. Surabi atau Serabi

Serabi, Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Surabi atau serabi merupakan jajanan atau kue tradisional sejenis kue dadar mirip kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut.

Sebagian besar dari kamu mungkin hanya tahu jenis kue serabi tradisional yang manis, padahal ada versi asinnya juga lho.

Biasanya kue serabi ini menjadi oleh-oleh khas kota Solo atau kota Bandung. Saat ini di beberapa kota juga sudah banyak yang membuka gerai seperti kedai atau warung yang hanya menjual serabi sebagai hidangan utamanya.

Biasanya untuk tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Dengan adanya kedai-kedai serabi, kesan serabi sebagai jajanan tradisional yang kuno menjadi semakin berkurang di mata anak muda.

4. Onde-onde

Onde-onde, Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Mudah ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau ketan yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar sampai yang mini langsung hap.

5. Klepon

klepon, Kue Tradisional Indonesia yang Mudah dibuat

Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Klepon berbentuk bulat seperti onde-onde, bedanya pada tekstur dan isi.

Kue tradisional ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Setelah matang, klepon ini dibalurkan dengan kelapa parut. Tips untuk kamu yang belum pernah makan klepon, masukkan seluruh kue ke dalam mulut agar gula cairnya meleleh di dalam mulut. Sungguh nikmat bukan?

Selain menjadi teman minum teh atau kopi di sore hari, jajanan atau kue tradisional di atas juga bisa untuk memperkenalkan kekayaan budaya kuliner Indonesia kepada orang asing lho.

Kalau kamu punya teman datang dari luar negeri, jangan lupa ajak mereka untuk menikmati jajanan pasar atau jajanan tradisional Indonesia.

Itulah nama kue tradisional yang masih mudah dibuat sampai saat ini. Nama-nama kue seperti kerak telor, kue cucur, serabi, onde-onde dan klepon sudah sering kita ditemukan karena bisa dibuat dengan mudah.

Baca artikel tentang makanan lainnya di KULINER.

Respon (4)

  1. Thank you for every other magnificent article. The place else may just anybody get that kind of information in such an ideal manner of writing? I have a presentation next week, and I am on the search for such info.

  2. Fantastic website. Lots of useful information here. I’m sending it to a few buddies ans additionally sharing in delicious. And of course, thank you in your effort!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *