Jazilul Fawaid: Pemilu Berpotensi Diundur Hingga Covid-19 Berakhir

  • Bagikan
Jazilul Fawaid: Pemilu Berpotensi Diundur Hingga Covid-19 Berakhir
Sumber: Instagram @jazilulfawaid_real

Pemilu Berpotensi DiundurJazilul Fawaid Politikus PKB berspekulasi hal ini bisa saja terjadi.

Pemilu Berpotensi Diundur

NONGKI.NET – Politikus PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa pemilu bisa saja diundur sampai 2027 jika pandemi covid-19 belum berakhir.

Menurutnya, pada kondisi saat ini masjid saja ditutup, apalagi tempat pemungutan suara. Kondisi saat ini sangat tidak dapat diprediksi namun dia berharap semoga pandemi covid-19 cepat barakhir.

Munculnya wacana pemilu diundur 2027, mendapat tanggapan dari Iwan Sumule selaku aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), baginya wacana pengunduran pemilu dari 2024 ke 2027, tak lain sama halnya ingin memperpanjang masa jabatan Presiden yang seharusnya purna di tahun 2024.

Tidak ada landasan yang jelas mengenai penundaan pemilu 2024 dan jika hal itu dilakukan maka negara menabrak konstitusi yang sudah ada.

Senada dengan Iwan Sumule, pengamat pemilu Titi Anggraini dalam cuitannya di twitter mengatakan sesuai konstitusi presiden dan wakil presiden hanya bisa menjabat 2 periode saja.

Jika ada yang ingin menunda pilpres dan memperpanjang masa jabatan presiden maka harus melalui amandemen konstitusi.

Isu penundaan pemilu dari 2024 ke 2027 dengan memperpanjang masa jabatan presiden tidak memiliki dasar hukum karena Konstitusi jelas menyebut Presiden dan Wapres memegang jabatan selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan sesuai dengan Pasal 7 UUD NRI Tahun 1945.

Sedangkan komisi II DPR bantah pemilu akan diundur ke tahun 2027, Saan Mustofa menegaskan bahwa pemilu tetap akan dilaksanakan tahun 2024. hal ini senada dengan pernyataan Mendagri bahwa pemilu akan tetap dilaksanakan pada april 2024.

Tulisan sudah tayang di portal KILATNEWS dengan judul Jazilul Fawaid; Pemilu Bisa Saja Diundur Sampai Covid-19 Berakhir

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan