NULIS BARENG

Halo sobat nongki? Apa kabar? Ku harap kalian baik-baik saja.

Bagi kalian yang pengen menyalurkan gagasan, pandangan, pengalaman, bahkan berbagi kenangan dan ingin mengirim surat bagi siapapun misal bos, Orang Tua, dosen, mantan dan lain-lain tapi karaktermu gak enakan, malu-malu kucing titipin aja di Nongki.

Nongki mempublis artikel-artikel yang tidak panjang juga tidak terlalu pendek cukup 500-1500 kata. Tapi khusus rubrik Titip Surat minimal 300 kata. Gitu doang kok, sedikit kan? “Bentar kak”Lalu buat rubrik puisi kak? Untuk rubrik ini, kumpulin 3 puisi dulu baru kirim ke Nongki. Cara kirimnya pantengin sampai habis.

Kami menerima artikel dari pembaca untuk beberapa rubrik, diantaranya:

Pikiran: Rubrik yang lumayan serius. Bisa jadi sangat serius. Membahas isu sosial, politik, budaya dan lain-lain, bisa juga isu yang lagi hangat. Pokoknya dibahas secara mendalam sampai tenggelam. Bahasa yang digunakan boleh serius seperti tugas-tugas kampus yang selalu menggunakan bahasa baku. Boleh juga dicampur, yakni bahasa serius dan nyantai. Tapi disarankan jangan terlalu serius.

Aksara: Rubrik hiburan yang mengangkat soal Babad (sejarah) dan sastra (Cerpen dan Puisi). Artikel Babad membahas sejarah mulai dari sejarah kampung soal sejarah dunia dan juga tokoh-tokoh. Sedangkan Cerpen dan Puisi, tentu harus karya pribadi pembaca alias tidak plagiat.

Bedah: Rubrik tempat menimbang dan menilai, populernya dikenal dengan review. Artikel berisi ulasan tentang buku, film, musik, dan produk berupa produk konsumen (kebutuhan sehari-hari dan lain-lain)  dan industri (jasa dan lain-lain).

Sandar: Rubrik untuk melepas penat hidup. Artikel berisi soal pengalaman dan kenangan hidup. Bisa buat curhat soal apapun. Baik itu ngaco, nakal, remeh, receh, out of the box. Paling penting tidak berbau PORNOGRAFI dan SARA.

Sodor: Rubrik santai untuk roasting kehidupan. Nyinyirin atau omelin keadaan sekitar kalian jika kalian tidak suka. Jangan lupa, ngomelnya tetap beretika lebih jelasnya memiliki nilai. Baik itu nilai agama, Pancasila, UUD 1945 dan lain-lain. Pokoknya nilai-nilai positif.

Saran: Rubrik jalan menuju roma. Artikel berisi soal usulan, ajakan, anjuran untuk berbanyak hal. Bisa soal apapun, yang pasti bisa memberi solusi dan mengajak kepada hal positif. Misal cara berhenti minum oplosan.

Titip Surat: Rubrik khusus sobat nongki dibuat untuk menitip surat untuk orang yang ingin dikirimi surat. Mungkin kalian sungkan atau gak percaya diri. Silahkan titipin aja disini.

Tertarik mengirimkan tulisan dan titip surat? Berikut aturan mainnya. PLISS BACA BAIK-BAIK BIAR KITA TERUS BARENG TILL JANNAH.

  1. Kirim artikel ke email nongki ke redakturnongki@gmail.com dengan subjek “Nulis Bareng (nama rubrik)” kemudian copy tulisan kalian di body email. Jangan lupa sertakan identitas berupa nama, foto, kota tinggal, media sosial, dan nomor hp (Gak harus semua juga gapapa, yang penting identitas kamu bisa dikenal). Sekali lagi, tulis di body email bukan kirim file seperti tugas kuliah.
  2. Semua artikel yang masuk adalah hak milik kontributor. Jika artikel layak dipublikasikan, kami akan segera menghubungi kalian paling lambat sepuluh hari. Jika tidak layak, kami tetap akan membalas kalian, santai kami bukan sekte ghosting dan boleh menerbitkannya di tempat lain. Ingat! Usahakan kalian udah paham pengeditan tulisan dasar.
  3. Kontirbutor yang artikelnya dimuat di Nongki tidak mendapat honorarium untuk saat ini. Oleh karena itu, kami berharap kontributor mengirim karyany ke medsos masing-masing agar kami lebih dieknal dan bisa memberi sangu nongki kalian. Dan artikel yang berhasil dimuat di Nongki boleh dikirim ke tempat lain asal sudah melewati masa seminggu tayang.

AYO NULIS BARENG SOBAT NONGKI!.