Menikmati Soto Banjar di Tepian Sungai Martapura Serasa di Italia

  • Bagikan
Menikmati Soto Banjar di Tepi Sungai MartapuraSerasa di Italia

 NONGKI.NET –  Makan Soto Banjar di tepian sungai Martapura serasa makan di kota Venessia, Italia. Begitu kata orang Belanda tjaman doeloe.

Ada yang belum pernah mengunjungi Kota Banjarmasin? Kota Seribu Sungai ini pernah dijuluki Kota Venessia dari Timur oleh Belanda. Ini tak lain karena seluruh aktivitas sosial, ekonomi dan budaya di kota Banjarmasin berada di pinggir dan di tengah sungai. Banjarmasin merupakan pusat perdagangan di Kalimantan sejak era kerajaan hingga sekarang, kota ini juga pernah menjadi ibu kota provinsi Kalimantan di era kemerdekaan.

Sekarang, Banjarmasin terkenal dengan wisata susur sungai dan Pasar Terapung. Tetapi kali ini kita tidak akan membahas tempat wisatanya, melainkan kuliner khas dari Kota ini. Ya, Soto Banjar, Soto khas dari Suku Banjar dan masakan khas Kalimantan Selatan.

Soto Banjar merupakan kuliner khas Suku Banjar di Kalimantan Selatan, Soto ini dulu sering menjadi sajian di acara-acara besar seperti nikah, lebaran, syukuran; tetapi sekarang sudah banyak sekali penjual yang menjualnya di seluruh Indonesia.

Apalagi kuliner ini merupakan primadona kuliner dari suku Banjar. Kuliner ini sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan wisatawan dari berbagai daerah setiap kali berkunjung ke Kalimantan Selatan pasti mencicipi Soto Banjar. Soto Banjar sepintas mirip dengan soto pada umumnya secara tampilan, tetapi setelah kita mencicipinya, baru rasa khasnya terasa.

Sekilas Soto Banjar

Bahan utama dari Soto Banjar adalah daging ayam, sama seperti soto pada umumnya. Yang membedakan adalah racikan rempah-rempah yang menjadi bahan dasar. Soto Banjar menggunakan cengkeh, biji pala, kayu manis, dan beberapa rempah lainnya.

Bumbu Soto Banjar ditumis terlebih dahulu menggunakan Minyak Samin, untuk membuat aroma khas nya muncul. Kemudian kita harus menambahkan kaldu ayam dan rebusan kayu manis. Untuk meningkatkan selera kita juga bisa menambahkan susu sehingga warna nya tidak bening. Keunikan Soto Banjar juga terdapat pada penyajiannya. Sajian Soto Banjar menggunakan perkedel, kentang, wortel, dan yang terpenting adalah ketupat.

Baca Juga:  Honey Land dan Perjalananku ke Madura

Ketupat pada Soto Banjar memberikan keunikan tersendiri pada soto ini. Kalau biasanya soto menggunakan nasi, maka Soto Banjar menggunakan ketupat, tapi tenang! Bagi anda yang tidak suka ketupat, para penjual juga menyediakan opsi Soto Banjar dengan nasi. Tekstur dari Ketupat di Kalimantan Selatan juga berbeda dengan daerah lainnya.

Tanah Kalimantan yang tidak subur membuat beras yang ditanam di sini menghasilkan nasi yang tidak pulen alias kering (bahasa banjar: karau). Tekstur ini membuat beras tidak mudah menjadi bubur dan ketika masyarakat sekitar membuat ketupat, tekstur nya tidak sekenyal beras pulen. Justru tekstur karau ini membuat rasa khas pada masakan Kalimantan yang tidak terdapat di daerah lain.

Warung Soto Banjar Paling Terkenal di Banjarmasin

Dari sekian banyak warung yang menyediakan Soto Banjar, Warung Soto Bang Amat adalah warung yang paling terkenal di kota Banjarmasin. Warung ini terletak di jalan Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Kecamatan  Banjarmasin Tim, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jaraknya 30 menit dari bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru. Warung Bang Amat merupakan opsi pertama untuk mencicipi kuliner khas Banjar bagi para wisatawan.

Banyak wisatawan dari daerah di Kalimantan Selatan yang mampir ke warung ini ketika mengunjungi kota Banjarmasin. Wisatawan dari luar dari Kalimantan Selatan juga banyak mampir ke warung ini untuk mencicipi kuliner khas Banjar, ini karena jarak yang tidak jauh dari bandara dan tempat ini merupakan tempat kepercayaan dari penyedia layanan wisata.

Warung ini terletak di pinggir sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan sungai Martapura dan perkampungan pinggir sungai seperti Venessia, Italia.

Perekonomian di sungai di kota Banjarmasin masih berlangsung hingga sekarang, walau pun tak sebesar dahulu. Masyarakat yang membeli Soto dari atas perahu merupakan pemandangan unik lainnya yang dapat kita lihat di Warung Bang Amat. Harga Soto Banjar di Warung Bang Amat Rp.30.000 per porsi, anda juga bisa menikmati Teh khas Kalimantan seharga Rp.5.000. Jika anda ingin menikmati Soto Banjar, kami rekomendasikan biasanya mengkonsumsinya bersama dengan Sate Tulang khas Banjar dengan harga Rp.20.000.

Baca Juga:  Seni Backpackeran Murah dari Jogja ke Malang: Sebuah Tips dan Trik

Bagaimana? Udah mulai ngiler buat nyicipin Kuliner khas Banjar?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan