TRAVEL  

Pantai Loji Sukabumi Pelabuhan Ratu, Wisata Pantai untuk Keluarga

Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi – Pantai ini merupakan wisata yang harus dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Sukabumi, selain masih asri selengkapnya baca dibawah.

NONGKI.NET – Pantai Loji Sukabumi, namanya masih terdengar asing di kalangan wisatawan. Pantai Loji memang belum terlalu populer dibanding pantai Sukabumi lainnya. Jika dibanding wisata pantai di Pelabuhan Ratu lainnya.

Alhasil, kondisi pantai ini masih telihat asri. Suasana yang tidak terlalu ramai ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati waktu senggang bersama keluarga sambil menikmati udara segar pantai selatan.

Kondisi pantai ini berbeda dengan wisata pantai lainnya. Jika biasanya kondisi pantai didominasi pasir putih, di Pantai Loji dipenuhi bebatuan dan hanya sedikit pasir putih.  

Landskap pantai ini yang berupa bebatuan yang berjejer adalah  daya tawar untuk menarik wisatawan. Bebatuan, karang dan batuan tebing membuat wisata pantai ini terasa eksotis dan cocok dijadikan tempat spot foto dan konten video.

Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji disebut sebagai pantai indah bukan hanya karena keindahan pemandangan dan kenyamanan suasana pantainya. Melainkan juga karena pantai ini berdekatan dengan tempat sejarah.

Di dekat pantai terdapat sebuah tempat ibadah bersejarah umat Budha, yakni Vihara yang bernama Nam Kai Im Pu Sa atau lebih mudahnya disebut Vihara Loji.

Vihara Loji ini dibangun ulang oleh warga Thailand bernama Anothai Kamonwathin. Anothai yang sekarang sudah menjada warga Indonesia kerap dipanggil mama Airin oleh warga setempat.

Warga sekitar mengatakan mama Airin menemukan lokasi Vihara ini melalui mimpinya dan lalu ia membangun ulang Vihara Loji. Menurut Mama Airin Vihara ini telah ada sejak 600 tahun lalu pada zaman Dinasti Ching.

Akibat lekang oleh zaman, bangunan Vihara ini menjadi tidak terlihat. Oleh karena itu Vihara Loji ini dibangun ulang.

Lokasi Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi adalah wisata bahari andalan diantara wisata bahari lainnya yang berasal dari di Kabupaten Sukabumi. Spesifiknya destinasi wisata ini berada dalam wilayah Geoprak Ciletuh desa Kertajaya Kecamatan Simpenan.

Lokasi Pantai Loji berada tidak jauh dari Terminal Pelabuhan Ratu, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 menit ke tempat tujuan karena jarak lokasi berjarak sekita 8 km.

Wisatawan memiliki banyak alternatif untuk menuju ke Pantai Loji Sukabumi karena jalan menuju lokasi sudah beraspal.

Wisatawan bisa menggunakan roda dua atau roda empat dan bisa juga menggunakan angkutan umum yang biasanya mangkal di Terminal Pelabuhan Ratu.

Daya Tarik Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi

Daya tarik Pantai Loji berbeda dengan pantai umumnya mengandalkan pasir. Di pantai ini wisatawan disuguhi bebatuan dan karang. Sayangnya, pantai ini masih belum banyak diketahui wisatawan.

Karena jarang didatangi wisatawan, Pantai Loji masih terlihat alami. Tempat yang alami ini cocok untuk liburan bersama keluarga sambil makan bersama menikmati udara segar pantai.

Landskap spot foto Pantai ini berbeda dengan pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi lainnya. Spotnya adalah pemandangan bebatuan dan pemandangan karang.

Pantai ini tidak hanya cocok untuk tempat melainkan juga cocok dikunjungi sebagai tempat penelitian sejarah dan geologi.

Alasannya karena pantai yang dipenuhi bebatuan dan dekat dengan Vihara berkaitan dengan fenomena geologi dan berpotensi menemukan sejarah peradaban manusia yang baru.

Wisatawan dapat mengunjungi Vihara sambil berjalan kaki. Dan akan terasa asik apabila berjalan sambil menghitung kurang lebih 300 anak buah tangga rute menuju Vihara. Tentu saat sampai di Vihara, pemandangan salah satu Pantai Sukabumi akan lebih mempesona.

Selain itu, Pantai ini sering dijadikan tempat surfing oleh wisatawan mancanegara seperti pantai di Sukabumi lainnya. Ombak yang tidak terlalu besar membuat para penggemar surfing merasa aman.

Surfing di Pantai Loji Sukabumi

Biaya Masuk Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi

Biaya masuk wisata pasti selalu menkadi pertanyaan wisatawan, apalagi baru-baru ini  sempat ada isu masuk salah satu wisata harus merogoh kocek ratusan ribu.

Pasti wisatawan bertanya-tanya berapa biaya atau tiket masuk Pantai Loji Sukabumi?

Mengenai biaya masuk pantai ini, sebenarnya tidak ada informasi pasti dari beberapa media-media.

Tetapi jika melihat biaya masuk pantai lain dekat Pantai Loji atau disebut daerah pantai Pelabuhan Ratu, rata-rata biaya masuk dihargai Rp.5000 per kepala.

Penginapan di Dekat Pantai Loji Sukabumi

Pantai Loji Sukabumi

Penginapan menjadi penting buat wisatawan jauh. Sebenaranya penginapan yang dekat Pantai Loji amat sedikit.

Namun jangan khawatir berikut tersedia alternatif tiga rekomendasi penginapan yang bisa digunakan sesuai kemampuan masing-masing wisatawan.

Pertama ada penginapan Lojiwood Beach Cottage yang berada di Jl. Pantai Loji Kampung Cisantri RT 45/RW 13 Desa Sangrawayang, Simpenan, Pelabuhan Ratu, Kab Sukabumi.

Penginapan berupa hotel ini menyediakan fasilitas 1 double bed dan single bed yang dirancang untuk penginap, lalu tersedia AC, teras, air minum kemasan gratis, lemari, meja, tempat duduk, Televisi LED 22 inch dan kamar mandi pribadi ditambah shower dan alat mandi.

Selain itu, penginapan ini juga mengakomodasi kolam renang, taman bermain anak, restoran, wifi gratis dan resepsionis 24 jam.

Biaya semalam menginap di penginapan ini adlah 1,1 juta per malam.

Dari penginapan ini menuju lokasi wisata membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dengan jarak sekitar 4 km. Selain itu, penginapan ini dekat dengan Vihara Loji.

Kedua, wisatawan bisa menginap di hotel Cipunaga. Hotel ini belokasi Jl. Raya Geopark Km. 10, Sanggrawayang, Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Hotel rekomendasi ini juga tidak kalah menarik dengan rekomendasi penginapan sebelumnya. Hotel Cipunaga letaknya sangat strategis jika dibanding penginapan sebelumnya.

Dengan jarak 2 km, wisatawan hanya perlu waktu 5 menit untuk sampai di lokasi dan pantai ini juga dekat dengan Vihara Loji.

Hotel Cipunaga mempunyai biaya sewa yang lebih murah dibanding penginapan sebelumnya. Di hotel ini wisatawan dikenai tarif Rp300 sampai Rp500 ribuan per malam.

Fasilitas yang tersedia juga terbilang komplit, terdapat AC, ranjang spring bed, televisi, tempat duduk dan lain-lain.

Yang terakhir, ada penginapan Petra, soal harga penginapan ini lebih murah dibanding dua penginapan sebelumnya.

Penginapan kelas melati ini memiliki beberapak elas tarif kamar, yang termurah berkisar 150 ribu per malam dengan fasilitas kelas tiga yang berupa single bed dan kipas angin.

Kemudian ada kelas kamar standard di tarif Rp300 ribu per malam dengan fasilitas AC, alat mandi dan ranjang untuk dua orang penginap. Terakhir tersedia kamar kelas Twin berharga Rp 350 ribu per malam yang ruangannya masih memakai fan.

Pantai asal Sukabumi cukup menarik untuk wisatawan kunjungi, baik untuk berfoto atau makan bersama keluarga dan lain-lain apalagi rute menuju lokasi dan biaya sangat terjangkau.

Baca artikel WISATA PANTAI lainnya di TRAVEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *