|

Pengertian Premi Asuransi Beserta Contoh dan Jenisnya

  • Bagikan
Pengertian premi asuransi beserta contoh dan jenisnya
Sumber: Pixabay

Pengertian premi asuransi beserta contoh dan jenisnyaSebelum mengetahui premi asuransi apa yang akan anda ikuti, pahami dulu penjelasan, contoh dan jenis asuransi.

Pernahkah Anda mendengar tentang premi asuransi? Jika iya, maka Anda harus menjadi salah satu orang yang melakukan investasi seperti asuransi dan memahami penggunaannya. Pada saat yang sama, dalam proses asuransi juga ada yang namanya premi, kedua bagian tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi adalah iuran yang harus dibayarkan setiap bulan (Atau setiap tahun) sesuai dengan kewajiban nasabah asuransi (Sebagai tertanggung) Berpartisipasi dalam rencana asuransi. Beberapa orang menyebut premi asuransi Premi seumur hidup.

Pengelolaan dana asuransi Hukum Syariah adalah semua premi yang dibayarkan oleh peserta dalam akun “donasi”, akun tersebut digunakan Membayar klaim kepada peserta.

Besarnya Premi Asuransi yang harus dibayar , harus tertulis di polis asuransi. Pertanggungan digunakan untuk membayar biaya asuransi (cost of insurancesi). Jumlah nominal premi yang disetorkan tergantung pada Asuransi pilihan.

Contoh Premi Asuransi

Pemasaran Penetapan atau pengukuran besaran premi asuransi tingkat risiko yang diambil oleh perusahaan asuransi. premi asuransi jiwa orang-orang yang memiliki hobi ekstrem akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hobi ekstrem.

Semakin besar risiko, semakin tinggi premi asuransi bayar lebih dan lebih. Contohnya adalah sebagai berikut;

1. Orang yang merokok akan membayar premi asuransi rasio kesehatan dan asuransi jiwa dengan non-perokok.

2. Orang gemuk akan membayar premi rasio kesehatan dan asuransi jiwa orang dengan berat badan normal.

3. Orang yang terlibat dalam pekerjaan berisiko tinggi (seperti petinju, pembersih dengan kereta gantung), biaya asuransi jiwanya lebih tinggi dari pekerja kantoran.

4. Orang yang sudah memiliki penyakit bawaan, memiliki premi asuransi jiwa yang lebih mahal

Dibandingkan dengan orang sehat.

5. Orang yang biasanya memiliki hobi ekstrim

Hitungan premi asuransi umum, misalnya, asuransi rumah dan asuransi kendaraan tentu menggunakan prinsip yang sama. Semakin besar risikonya, semakin tinggi pula biaya premi asuransi yang harus dibayar.

Jenis Premi Asuransi

  1. Asuransi Kesehatan: Dengan jenis asuransi ini, jika Anda mengalami kesulitan dengan biaya rawat inap, Anda tidak perlu khawatir, karena premi asuransi kesehatan akan menutupi biaya tersebut, termasuk biaya pengobatan.
  2. Asuransi Jiwa: Suatu bentuk perlindungan finansial dalam bentuk pertanggungan asuransi.Jika pemegang polis meninggal dunia, ahli waris akan menerima pertanggungan asuransi.
  3. Asuransi properti: Tidak hanya kesehatan dan jiwa yang diasuransikan, tetapi rumah yang kita tempati juga membutuhkan asuransi. Asuransi ini akan melindungi rumah kita dari bencana seperti kebakaran, banjir, tanah longsor dan risiko lainnya.
  4. Asuransi kendaraan: Jenis asuransi ini dapat digunakan untuk kendaraan Anda, baik itu mobil atau sepeda motor.Ada 2 jenis asuransi jenis ini, yaitu asuransi pertama, asuransi komprehensif atau semua asuransi, yang dirancang untuk mengkompensasi kendaraan bermotor . Kedua, asuransi total loss (TLO) hanya menanggung kerusakan hingga 75% atau lebih.
  5. Asuransi perjalanan: Jenis asuransi ini sangat berguna bagi orang-orang yang sering bepergian antar kota dan luar negeri. Banyak juga manfaat dari premi asuransi perjalanan ini, yaitu:
  • Kompensasi kecelakaan
  • Penggantian biaya pengobatan
  • Penggantian barang yang hilang
  • Memberikan perlindungan ganda berupa santunan jika terjadi kecelakaan pesawat
  • Penggantian untuk mengunjungi keluarga
  • Perlindungan evakuasi medis
  • Diganti karena penundaan penerbangan
  • Perlindungan rumah terlantar

Demikian Pengertian premi asuransi beserta contoh dan jenisnya. semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Mengenal Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan, Rumah Sakit Kemanusiaan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan