6 Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yang harus Anda tahu ada 6 poin, yaitu 1. harga 2. penggunaan listrik 3. penggunaan air 4. perawatan 5. tampilan 6. proses mencuci dan mengeringkan.

NONGKI.NET – Mesin cuci menjadi salah satu karya teknologi modern yang menjadi kebutuhan rumah tangga, bahkan bisa dikatakan sebagai alat vital rumah tangga. Dengan mesin cuci, persoalan membersihkan pakaian kotor dan sejenisnya bisa ditangani dengan cepat.

Tahukah anda, jika terdapat dua jenis mesin cuci? Yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Pastinya kedua jenis mesin cuci tersebut memiliki perbedaan tidak hanya pada jumlah 1 atau 2 tabung.

Apa itu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung?

Sebelum memahami lebih jauh mengenai perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, mari kita memahami pengertian mengenai mesin cuci dengan 1 tabung dan 2 tabung.

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 1 tabung: Perbedaan mesin cuci 1 dan 2 tabung

Sedangkan mesin cuci 1 tabung hanya memiliki  satu tabung yang berfungsi mencuci dan mengeringkan pakaian tanpa perlu memindahkan pakaian seperti mesin cuci 2 tabung. Jadi Anda tidak perlu repot-repot memantau mesin cuci karena penggunaannya cukup satu kali kerja.

Mesin cuci 1 tabung ini juga mempunyai 2 jenis yang berupa mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading. Perbedaan keduanya terletak di posisi tabung, yang front loading berada di bagian depan sementara yang top loading berada di bagian atas mesin cuci.

Mesin cuci 2 tabung

Mesin Cuci 2 Tabung: Perbedaan mesin cuci 1 dan 2 tabung

Dipahami dari sebutannya, mesin cuci jenis ini mempunyai 2 tabung yang posisinya saling bersebelahan dan punya fungsi masing-masing. Satu tabung untuk mencuci dan tabung kedua untuk mengerikan cucian. Dengan mesin cuci jenis 2 tabung Anda harus memindahkan pakaian telah dicuci ke tabung kedua untuk mengeringkan.

Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung

Lalu, apa yang menjadi perbedaan di antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung agar pembaca memperoleh penjelasan untuk perbandingan?

Mengenai poin-poin perbedaan dua tabung dan satu tabung lebih jelasnya berikut yang tertera dalam 6 poin perbedaan, Yaitu:

1. Harga

Harga menjadi poin utama dari perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Harga mesin cuci 2 tabung lebih terjangkau oleh masyarakat dibanding harga mesin cuci 1 tabung. Bahkan terkadang harga mesin cuci 2 tabung berkisar seperempat dari harga mesin cuci 1 tabung.

Misalnya, harga mesin cuci 2 tabung 1,5 juta rupiah sementara harga mesin cuci 1 tabung top loading berharga 3,3 juta rupiah.

2. Konsumsi listrik

Penggunaan listrik mesti menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli mesin cuci. “Berapa watt yang harus dibutuhkan untuk mesin cuci?” pertanyaan tersebut pasti berkecamuk dalam pikiran.

Adapun soal konsumsi listrik, secara umum mesin cuci 2 tabung tabung lebih hemat listrik dibanding mesin cuci 1 tabung, apalagi mesin cuci satu tersebut punya fitur air hangat.

Kendati demikian, menurut beberapa pendapat mesin cuci 1 tabung memungkinkan mengonsumsi listrik dengan rendah hingga 70%. Tuturnya, tergantung jumlah fungsi mesin cuci dan penggunaannya.

3. Konsumsi air

Air juga menjadi Perbedaan mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung. Penggunaan air juga menjadi pertimbangan dalam memilih mesin cuci.

Anda pasti tahu, jika mesin cuci 2 tabung lebih banyak mengonsumsi air karena harus digunakan untuk 2 tabung yang berbeda fungsi. Ternyata, mesin 1 tabung bisa lebih banyak memerlukan air dibanding mesin 2 tabung tetapi tergantung jenis mesin 1 tabung.

Singkatnya bisa anda lihat pada tabel berikut:

Jenis mesin cuciKonsumsi air (liter)
Mesin cuci front-loading60L
Mesin cuci top-loading140L
Mesin cuci 2 tabung120L

4. Perawatan

Setelah mengetahui beberapa poin mengenai perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, Anda pasti memiliki perbandingan mengenai persoalan awet.

Mana yang lebih awet? Lebih awet mesin cuci1 tabung atau 2 tabung? Sangat banyak pendapat untuk menjawabnya. Ada yang mengatakan  “harga tidak mengkhianati kualitas” dan sebaliknya.

Mesin cuci 1 tabung lebih awet daripada mesin cuci 2 tabung jika dilihat dari bahannya terbuat dari logam. Tetapi jika diukur dari perawatan mesin cuci 2 tabung lebih mudah ditangani karena bahannya terbuat dari plastik.

5. Tampilan atau Desain

Desain atau tampilan dari mesin cuci juga terlihat mencolok dalam Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung.

Mesin cuci 1 tabung lebih elegan dan simpel dari segi tampilan. Selain itu tidak banyak mengambil ruang seperti mesin cuci 2 tabung.

6. Proses mencuci dan mengeringkan

Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yang terakhir terletak pada proses pemakaiannya.

Mesin cuci 1 tabung sangat simpel untuk digunakan dan lebih mudah dipahami. Jika di mesin cuci 2 tabung Anda perlu memindah pakaian yang telah dicuci ke tabung pengering dan menggunakan air lagi.

Sedangkan di mesin cuci 1 tabung anda hanya perlu melakukan satu kali kerja. Cukup diletakan di satu tabung pakaian anda akan dicuci dan dikeringkan. Selain itu tingkat pengeringan mesin cuci 1 tabung mencapai 90% sementara yang 2 tabung mencapai 70%.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 1 Tabung dan 2 Tabung

Nah, pasti dari anda sebagai calon customer bertanya tentang kelebihan dan kekurangan mesin 2 tabung dan 1 tabung.

Meskipun sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung telah ada dalam poin-poin Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Saya akan membaginya lagi menjadi lebih sederhana agar mudah dipahami.

Apa kelebihan mesin cuci 1 tabung?

Berikut kelebihan dari mesin cuci 1 tabung, yaitu:

  1. Praktis karena mesin cuci ini dapat bekerja secara otomatis.
  2. Hemat waktu sehingga Anda tidak perlu bolak-balik memeriksa mesin cuci dan membiarkan mesin cuci berjalan sendiri sampai selesai.
  3. Pakaian cenderung diperas lebih efektif, sehingga lebih cepat kering.
  4. Sistem injeksi air otomatis dan presisi sesuai kebutuhan.

Apa kekurangan mesin cuci 1 tabung?

Berikut kekurangan dari mesin cuci 1 tabung, yaitu:

  1. Seringkali mampu menampung lebih banyak pakaian.
  2. Karena hanya memiliki satu tabung, desainnya cenderung ramping dan tidak memakan banyak tempat. Itu cenderung membuang-buang listrik dan karenanya tidak hemat energi.
  3. Cenderung lebih mahal dari segi harga dan biaya perawatan karena komponennya lebih kompleks dibandingkan jenis lainnya.
  4. Mudah rusak karena 1 tabung digunakan untuk 2 fungsi sekaligus.
  5. Pengaturannya sedikit lebih rumit, jadi perlu waktu untuk membiasakan diri dengan mesin cuci ini.

Apa kelebihan mesin cuci 2 tabung?

Berikut kelebihan dari mesin cuci 1 tabung, yaitu:

  1. Harga cenderung lebih murah dan terjangkau.
  2. Penggunaan listrik cenderung lebih hemat.
  3. Perawatannya murah dan mudah.
  4. Operasi yang ramah pengguna.

Apa kekurangan mesin cuci 2 tabung?

Berikut kekurangan dari mesin cuci 2 tabung, yaitu:

  1. Karena terdiri dari 2 bak, lebih besar dan memakan lebih banyak ruang daripada mesin cuci satu bak.
  2. Meski mudah dioperasikan, pengguna tetap perlu mengontrol mesin cuci secara rutin, sehingga seringkali merepotkan.
  3. Pengguna harus memindahkan cucian secara manual dari satu bak ke bak lainnya.
  4. Pakaian sering kali tidak diperas seefisien mesin cuci satu tabung.

Dengan dibedah menjadi lebih sederhana, semoga anda lebih memahmi Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung.

Mana yang lebih baik Antara mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung?

Menentukan yang terbaik antara mesin cuci dua tabung dan satu tabung tentu tidak mudah. Setiap jenis mesin cuci punya kelebihan masing-masing dalam berbagai hal. Karena dalam menentukan yang terbaik juga diikuti persoalan finansial dan kondisi tempat tinggal.

Oleh karena itu, baca dan pahami dengan baik perbedaan mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung untuk menemukan yang sesuai dengan kondisi anda.

Namun, jika anda merupakan orang yang memiliki banyak kesibukan dan butuh mesin cuci yang cepat. Sebaiknya membeli mesin cuci 1 tabung dengan merek mesin cuci satu tabung front load AQUA Japan FQW-850728QD.

Mesin cuci tersebut sangat direkomendasikan karena sangat canggih. Dan fitur utamanya adalah mode night wash. Dengan mode tersebut Anda bisa meninggalkan cucian di malam hari dan paginya sudah bersih.

Mesin cuci 1 tabung merk Aqua Japan ini sangat cocok khususnya yang hidup di kota yang ingin tidur dengan nyenyak  tanpa mendengar bunyi mesin. Mesin cuci 1 tabung ini anti bunyi dan berputar dengan halus. Untuk mendapatkan dan memilih mesin cuci mode  lainnya kunjungi Aqua Japan.

Baca artikel seputar mesin cuci lainya di TEKNOLOGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *