Sejarah Hari Pramuka dan Makna Tema Dan Logo Hari Pramuka 2021

  • Bagikan
Sejarah Hari Pramuka dan Makna Tema Dan Logo Hari Pramuka 2021

Sejarah Hari Pramuka – Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Tahun ini, Hari Pramuka jatuh pada Sabtu (14/8/2021).

Sejarah Hari Pramuka

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, sebuah organisasi kepanduan yang masuk ke Indonesia setelah Belanda mendirikan cabang bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912.

NPO tersebut kemudian berganti nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada tahun 1916. Pada tahun yang sama, Mangkunegara VII mendirikan organisasi Pramuka pertama di Indonesia yang diberi nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Menurut situs Museum Sumpah Pemuda, lahirnya JPO memicu gerakan nasional lainnya pada saat itu, dan organisasi serupa juga didirikan. Melihat semakin banyaknya organisasi kepanduan Indonesia, maka pihak Belanda melarang organisasi kepanduan di luar Belanda menggunakan istilah Padvinder.

Oleh karena itu, K.H Agus Salim memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepramukaan” untuk Organisasi Kepramukaan Indonesia. Setelah kemerdekaan lahirlah seorang Pramuka nasional pada tanggal 28 Desember 1945 yaitu Pandu Rakyat Indonesia.

Dalam perjalanan sejarahnya, ratusan organisasi Pramuka dibagi menjadi beberapa federasi, dan PERKINDO (Persatuan Pramuka Indonesia) didirikan. Organisasi dibatasi oleh kurangnya kohesi di antara para anggotanya.

Pada tahun 1960, pemerintah dan MPRS berusaha memperbaiki organisasi pengintai Indonesia. Pada tanggal 9 Maret 1961, Presiden Sukarno memanggil tokoh-tokoh Gerakan Pramuka Indonesia. Ia mengatakan organisasi pramuka harus ditingkatkan dan semua pramuka akan digabung menjadi satu tim yang disebut “Pramuka”.

Kali ini, Presiden juga membentuk panitia untuk membentuk Panitia Pramuka yang terdiri dari Sultan Hamon Kubuwono IX dan para guru besar. Prihono. PhD. A. Aziz Saleh dan Achmadi. Acara ini dinamakan Hari Pramuka.

Panitia merumuskan hasil kerjanya dan mengesahkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka pada tanggal 20 Mei 1961. Pada tanggal 30 Juli 1961, di Istora Senayan, Pramuka Indonesia mengumumkan keikutsertaannya dalam Pramuka (Hari Sumpah Gerakan Pramuka).

Baca Juga:  Mengingat Abu Bakar ar-Razi: Ilmuwan Muslim Asal Iran Penemu Cacar

Ulang tahun Pramuka diadakan pada tanggal 14 Agustus 1961, ketika MAPINAS (Dewan Pimpinan Nasional) terdiri dari Presiden Sukarno, Wakil Ketua I Sultan HB IX, dan Wakil Ketua II Brigjen Dr. A. Aziz Saleh. Soekarno memberikan bendera Pramuka kepada tokoh-tokoh untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat.

Makna Tema dan Logo Hari Pramuka 14 Agustus 2021

Logo Hari Pramuka
Sumber: Tirto.id

Kwartir Kepramukaan Nasional mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 tentang Peringatan 60 (enam puluh) tahun Kepramukaan pada bulan Februari tahun lalu. Dalam SK tersebut ditetapkan logo dan tema Hari Pramuka, dan hari jadinya adalah 14 Agustus.

Sejak dikeluarkannya Keppres Nomor 238 tentang Gerakan Pramuka tahun 1961, maka Gerakan Pranukka tahun 2021 akan berusia 60 (enam puluh) tahun. Lambang 60 (enam puluh) tahun Pramuka memiliki arti sebagai berikut:

– Merah melambangkan keberanian dan kesatria, sedangkan putih melambangkan kemauan dan dedikasi yang tulus.

– Angka 60 melambangkan HUT Gerakan Pramuka ke-60. Batang angka “6” dipadu dengan daun lontar untuk menyatakan cinta Pramuka terhadap tanah air.

– Simbol WOSM di tengah angka “0” melambangkan Gerakan Pramuka.Kepramukaan adalah satu-satunya Organisasi Kepramukaan di Indonesia dan satu-satunya Organisasi Kepramukaan yang diakui oleh Organisasi Kepanduan Dunia.

– Dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan Kwarnas terdapat slogan yang berbunyi “Berbakti Tanpa Henti” yang memiliki arti bahwa setiap anggota gerakan siap sedia berbakti tanpa henti sampai kapan pun.

Baca Juga artikel ‘TWIBBON PRAMUKA dan artikel lainnya di rubrik ‘Babad

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan