Viral!!! Rektor UI Rangkap Jabatan di BUMN

  • Bagikan
Rektor UI Rangkap Jabatan

NONGKI.NET – Viral lagi, seorang Rektor dari kampus ternama yakni kampus UI rangkap jabatan di BUMN. Astaga hmm.

Publik media maya digegerkan dengan berita Rektor UI memanggil BEM UI atas aksi postingan bertuliskan “Jokowi ‘The King of Lip Service’” pada Minggu (27/6).

Hal ini memicu kontroversi di khalayak dunia maya. Sontak saja beragam respon dari netizen yang menganggap hal ini sebagai pembungkaman kebebasan berpendapat.

BEM UI yang dipanggil Rektor antara lain Ketua, Wakil Ketua, Koordinator Bidang Sosial Politik, Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi, Kepala Departemen Aksi dan Propaganda, Wakil Kepala Departemen Aksi dan Propaganda beserta Ketua dan dua Wakil Ketua DPM UI. Kendati telah dipanggil, BEM UI masih tidak ingin menghapus postingan tersebut. BEM UI berargumen bahwa postingan itu sudah sesuai dengan fakta yaitu bapak Jokowi terpilih menjadi presiden karena mengobral janji.

Seolah memihak BEM UI, warganet juga mengungkit profil pribadi Rektor UI. Warganet menuding bahwa beliau Prof. Ari Kuncoro rangkap jabatan di BUMN. Akun Twitter @donaldfariz menuding Prof. Ari sekarang sedang aktif sebagai Wakil Utama Komisaris Bank BRI. Bahkan sebelumnya beliau juga pernah menjadi Komisaris Utama Bank BNI.

Netizen beranggapan wajar jika Prof. Ari memanggil BEM UI untuk memberi teguran karena ada hubungannya dengan posisi beliau. Netizen juga mempertanyakan bagaimana bisa Prof. Ari bisa merangkap jabatan tersebut.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia jelas-jelas melarang hal yang demikian dilakukan. Pasal 35 ayat 1 butir ketiga melarang Rektor merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta. Kendati yang bersangkutan bukan lah Dewan Direksi, tetap saja ini merupakan pelanggaran terhadap regulasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga:  Pernikahan Diam-diam dan Sederhana Penyanyi Amerika, Ariana Grande

Surat yang ditandatangani pada tanggal 27 Juni 2021 itu membuat netizen bingung apakah UI tidak memiliki hari libur. Padahal semua kegiatan administratif di perguruan tinggi negeri libur ketika hari Sabtu dan Minggu. Tulisan pada surat itu juga seperti dibuat terburu-buru, banyak sekali kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan PUEBI dan EYD. Alasan tersebut lah yang membuat netizen mempertanyakan apakah surat itu sah atau tidak?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan