Akan Menerima Vaksin? Berikut 9 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Divaksin

  • Bagikan
Yang harus dilakukan sebelum divaksin

NONGKI.NET – Yang harus dilakukan sebelum divaksin > Indonesia melakukan program vaksinasi covid 19 pertama sejak bulan Januari. Presiden Jokowi adalah orang yang pertama kali menerima suntikan vaksin COVID-19.

Yang harus dilakukan sebelum divaksin

Jokowi terus memperbanyak penyuntikan dosis vaksin, di bulan Juni lalu dia menargetkan 1 juta dosis vaksin per hari. Pada bulan Agustus mendatang ia menargetkan 2 juta dosis penyuntikan vaksin per hari.

Tujuan pemberian vaksin kepada masyarakat adalah sebagai upaya mencegah penularan virus Corona titik oleh karena itu, pemerintah terus mendatangkan lebih banyak vaksin setiap bulannya agar lekas mencapai herd immunity.

Vaksin dapat membentuk antibodi pada setiap tubuh dan akan mempermudah tubuh melawan virus Corona. Sehingga, gejala yang ditimbulkan bakal lebih rendah dan ringan.

Namun, masih banyak dari sebagian orang yang masih bertanya-tanya menyoal divaksin agar memastikan tubuh memberikan reaksi yang optimal terhadap vaksin.

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Divaksin

Jangan menerima vaksin lain dalam waktu bersamaan

Jangan menerima vaksin penyakit apapun dalam hari terakhir titik meskipun beberapa sumber menjelaskan melakukan vaksin COVID-19 dan vaksin lain dalam waktu bersamaan tidak menimbulkan efek apa-apa, lebih baiknya tidak dilakukan agar vaksin Corona dapat bekerja lebih baik tidak bekerja sendirian sama sistem imun.

Karena hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir efek samping yang bisa saja muncul pada hari ke 1 hari ketiga setelah divaksin. Selain itu sebaiknya kurangi atau bahkan kosongkan Jadwal anda dan jangan membuat janji penting dalam 2  hari setelah disuntik, untuk istirahat dan mengantisipasi efek samping bisa muncul kapan saja.

Hindari minum minuman beralkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda berencana untuk mendapatkan vaksin COVID-19, harap jangan minum alkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar 2 minggu setelah vaksinasi.

Baca Juga:  Menkes Mengakui Stok Vaksin Terbatas, Kemenkes Minta Daerah Dahulukan Dosis Pertama

Hal ini penting agar sistem imun Anda tetap kuat dan menghasilkan respon imun yang baik untuk mencegah infeksi virus corona.

Minum Multivitamin

Sebelum divaksin, alangkah lebih baiknya untuk meminum multivitamin sebagai ganti meminum obat dapat. Sebab dapat meningkatkan imun, sehingga materi genetik yang terkandung dalam vaksin dapat direspon dengan baik oleh imun.

Vitamin C, A, D3, Zinc, selenium, asam amino, dan probiotik merupakan kandungan multivitamin yang baik untuk imun. Seorang ahli merekomendasikan sebaiknya meningkatkan imunitas minimal 7 hari sebelum dan 7 hari setelah divaksin.

Siapkan Makanan di rumah

Sebelum berangkat ke tempat vaksinasi, Sebaiknya anda telah menyiapkan makanan setelah di vaksin. Karena setelah pulang tubuh anda butuh istirahat yang cukup serta makanan-makanan yang bergizi.

Makan dan minum sebelum vaksinasi

Sebagian dari kita akan merasa takut dan khawatir ketika akan disuntik di mana hari ini ini dapat menyebabkan pusing bahkan pingsan. Agar kejadian seperti tersebut terjadi Anda harus makan makanan yang padat dan minum banyak air sebelum berangkat.

Siapkan obat penahan sakit

Umumnya, efek samping muncul adalah nyeri lengan, demam, dan sakit kepala titik oleh karena itu, anda perlu menyiapkan obat penahan sakit sebelum menerima suntikan vaksin.

Obat yang dapat anda siapkan berubah Paracetamol dan Ibuprofen, gimana kedua obat ini sangat mudah ditemukan di apotek terdekat dan bisa dibeli tanpa resep.

Perlu diingat, obat ini hanya perlu dikonsumsi saat terjadi pada efek samping bukan dikonsumsi sebelum vaksin. Jika anda mengkonsumsi obat ini sebelum divaksin, imun Anda dapat menurun dan tidak merespon vaksin dengan baik.

Pakai pakaian yang nyaman

Karena anda akan disuntik di bagian lengan atas pakailah pakaian yang nyaman dan tidak ketat. Pastikan pakaian mudah dibuka pada bagian yang akan disuntik.

Baca Juga:  5 Bantuan Cair di Bulan Juni, Untuk Penerima Bansos Tunai cek di Laman Cekbansos.kemensos.go.id

Tidur cukup sehari sebelumnya

Jangan begadang sehari sebelumnya karena tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi Prima dan siap untuk menerima vaksin.

Demikianlah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan vaksinasi. Semoga terus sehat dan tidak memiliki efek samping bagi yang divaksin dan bagi yang belum lekas cari informasi.

 Informasikan kondisi kesehatan diri

Saat Anda akan divaksinasi, beri tahu dokter atau petugas vaksinasi COVID-19 tentang kesehatan anda, seperti: demam riwayat alergi vaksin Penyakit tertentu, seperti penyakit darah, penyakit autoimun, penyakit kardiovaskular, diabetes, HIV, penyakit ginjal atau penyakit hati liver Konsumsi obat-obatan tertentu hamil atau berencana untuk hamil Waktu menyusui.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan